by

Walaupun Hari Libur Babinsa Tetap Kawal Warga Rapid Tes Antigen di Puskesmas Nganjuk.

 

Nganjuk – Babinsa Koramil 0810/01 Nganjuk Serka Supriyanto kerap mendampingi tim medis dari puskesmas saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus corona Covid-19. Peran itu diemban para Babinsa di tengah-tengah kesibukan tugas pokok di wilayah Kelurahan Begadung kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk, Minggu, (12/09/2021).

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Selama ini, para Babinsa dan tim medis dari puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk untuk melacang daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Sayangnya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, Tim Medis Puskesmas Nganjuk merasa perlu untuk melibatkan aparat Babinsa melaksanakan pengawalan kegiatan Rapid Tes Antigen tersebut.

Aparat ini bisa membantu bidan di wilayah dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. “Yang lakukan tracing dari tim puskesmas dengan didampingi Babinsa, terang Danramil 0810/01 Nganjuk Kapten inf Kustono.

Berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari petugas kesehatan dari puskesmas dan didampingi babinsa, warga akhirnya mau mengikuti swab atau rapid antigen. “Persentase yang menolak [menjalani swab atau rapid antigen] sedikit,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed