by

Babinsa Bojonegoro Lakukan Pendampingan Vaksinasi bagi Disabilitas dan ODGJ

BOJONEGORO, –    Sebagai upaya percepatan vaksinasi sebagai program yang telah dicanangkan pemerintah guna terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity, TNI-Polri bersama Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, memberikan vaksinasi bagi para penyandang Disabilitas dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan cara mendatangi kerumah satu per satu atau door to door.

Seperti yang dilakukan Empat Pilar Kecamatan Bojonegoro, terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan Tenaga Kesehatan, Rabu (1/9/2021), mendampingi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan melaksanakan serbuan vaksinasi secara gratis.

Vaksinasi tahap pertama jenis sinovac bagi penyandang Disabilitas dan ODGJ ini dilaksanakan di Desa Kalirejo dan Kelurahan Banjarjo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi ini, secara teknis sama seperti pelaksanaan vaksinasi pada umumnya yakni sebelum divaksin dilakukan skrining, cek suhu tubuh dan tensi darah. Jika dinyatakan sehat, dosis vaksin langsung diberikan.

“Khusus untuk penyandang disabilitas dan ODGJ ini vaksinasi kita datangi satu per satu, atau dari rumah ke rumah guna memudahkan bagi keluarga mendapat layanan vaksin secara gratis ini,” ungkap Danramil 0813-01/Bojonegoro Kapten Inf Musriyono.

Dari pendataan sebelumnya, pendampingan kegiatan vaksinasi diwilayah binaan oleh Empat Pilar ini sebanyak 3 orang disabilitas dan 7 warga Desa Kalirejo serta 6 orang ODGJ dan 14 orang warga Banjarjo telah mendapatkan vaksin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed