by

Dandim Nganjuk Pimpin Swab Antigen

 

Nganjuk – Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di masa penerapan PPKM Level III di wilayah Kabupaten Nganjuk, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta melaksanakan rapid antigen yang dilaksanakan di halaman Makodim 0810/Nganjuk, Senin (30/08/21).

“Ini merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus, sehingga tidak menjadikan klaster baru di lingkungan Kodim 0810/Nganjuk. Kegiatan rapid test ini bertujuan untuk memastikan seluruh anggota terbebas dari terpaparnya Covid-19, apabila hasilnya reaktif akan langsung dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujar Dandim.

Selain Dandim 0810/Nganjuk yang melaksanakan rapid antigen, personel Otsus Papua juga melaksanakan rapid antigen.

Sejumlah 11 orang anggota Otsus yang melaksanakan rapid antigen, keseluruhan anggota Otsus Papua tersebut melaksanakan rapid antigen dengan tujuan untuk memastikan personel Otsus tersebut terjangkit covid 19 ataupun tidak.

Pemeriksaan antigen dipilih sebagai tingkat kewaspadaan terhadap Prajurit usai melaksanakan kegiatan dfi kewilayahan, karena Antigen muncul pada fase awal terinfeksi virus Covid-19, kemudian akurasi nya yang tinggi menyerupai pemeriksaan PCR dimana tingkat sensitivitas yang diatas 90% serta spesifisitas yang mencapai 100% menjadi point penting dalam pemeriksaan terhadap prajurit yang potensial terpapar virus.
Setelah mengikuti kegiatan rapid test, Dandim pun menekankan seluruh prajurit untuk lebih konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab selaku panutan, prajurit TNI harus menjadi teladan atau contoh yang baik bagi masyarakat untuk mewaspadai ancaman Covid-19.

“Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak fisik, rajin cuci tangan, biasakan berperilaku hidup bersih dan sehat,” pesan Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, S.I.P., M.Si.

Beliau juga menambahkan, penting bagi setiap orang khususnya anggota TNI, PNS dan keluarga membiasakan diri dengan Adaptasi Kebiasaan Baru masyarakat untuk mnghadapi covid.

“Sampaikan edukasi protokol kesehatan, dimana kalian berada baik itu kepada keluarga, kerabat, dan lingkungan sekitar. Bersama pula kita berdoa, kiranya pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kodim 0810/Nganjuk dengan Poskes 05.10.06 Nganjuk yang dipimpin langsung oleh Kaposkes Peltu Anom

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed