by

Kompak Tiga Pilar Kawal Kegiatan Vaksin ODGJ Di Wilayah Binaan.

 

Nganjuk – Sejumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Hari ini vaksinasi kami khususkan untuk ODGJ, penyandang disabilitas Untuk disabilitas sudah kami berikan vaksin Bio Shinoparm ada sekitar 13 orang penyandang disabilitas dan ODGJ, oleh petugas Puskesmas wilayah Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk, Jum’at, (27/08/21).

Vaksin yang diberikan untuk ODGJ adalah Bio Shinoparm dosis pertama. Sedangkan bagi disabilitas dan anak difabel, menerima vaksin sinopharm dosis pertama. Dipastikan vaksinasi untuk ODGJ masih akan terus dilakukan, Sebab belum semua ODGJ menerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Namun, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ masih harus menunggu ketersediaan vaksin.

Belum semua tervaksin. Sambil menunggu vaksin. Insyaallah kalau sudah ada kami akan lakukan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ,” ujar Babinsa.

Pada kesempatan itu, Babinsa bersama Babinkantibmas terpantau memberi semangat kepada Nakes yang sudah selesai memberikan vaksin. Di tempat yang berbeda Danramil Koramil 0810/01 Nganjuk Kapten Inf Suwanto, bersama Gugus Tugas kelurahan melaksanakan vaksinasi untuk ODGJ dengan cara “jemput bola”, keluarga ODGJ untuk memberikan vaksin kepada mereka agar merasa lebih nyaman.

Sementara untuk vaksinasi kami berikan kepada ODGJ di wilayah kelurahan yang sudah melaporkan data berdasarkan data untuk mengetahui berapa jumlah sebenarnya yang belum menerima vaksin.

Kami tidak pernah mengalami kesulitan selama mendampingi ODGJ. diperlukan cara-cara tertentu untuk membujuk mereka agar mau divaksin.
Kami memang harus sabar dan telaten saat memandikan, memakaikan baju dan parfum. Kami juga ajak ngobrol mereka biar mereka merasa nyaman,” Ucapnya.

Apalagi adanya bantuan pengawalan dari Babinsa dan Babinkantibmas membuat petugas puskesmas tidak terlalu was-was karena demi keamanan petugas juga.Kegiatan vaksin akan terus dilaksanakan kepada ODGJ Pemerintahan Kelurahan/desa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed