by

Babinsa Tracing Sebagai Evaluasi Kesehatan Warga Isoman dan Mutakhirkan Data Silacak

 

Nganjuk (15/08) – Dalam rangka pendataan dan usaha pencegahan penyebaran virus COVID-19 segala upaya dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid, salah satunya dengan Tracing (Penelusuran kontak erat). Penerapan praktek 3T (Tracing, Testing, Treatment) sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0810/02 Bagor Serka Suminto, Bapak Budianto (perangkat desa), Aipda Marsudi ( babinkamtibmas Ds. Bagorkulon ), Ratri Gitaningtyas STr. Keb. ( Bidan Ds. Bagorkulon ) melaksanakan kegiatan tracking terhadap warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sedang menjalankan isolasi mandiri di rumah Desa Bagor Kulon Kecamatan Bagor Kab. Nganjuk. Sabtu (14/08/2021).

Dalam kesempatan kali ini, selain penggalian data dan informasi terkait ada tidaknya keluarga, saudara atau orang lain yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, Satgas penanganan COVID-19 Desa Bagor Kulon juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta patuh protokol kesehatan dalam masa pandemi covid-19.

Peran dan fungsi Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kalurahan dan Desa, menjadi salah satu media penyampaian informasi dan edukasi tentang hal ini. Tracing dilakukan terhadap warga Desa Bagor Kulon yang terkait kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dan menyampaikan agar menjalani isolasi mandiri di rumah dan menjauhi kerumunan.

Danramil 0810/02 Kapten Inf Hardi. P mengatakan, “Kegiatan ini terus dilakukan sebagai salah satu upaya pemutus rantai penularan Covid-19 dan saran edukasi ke masyarakat akan pentingnya 3T disamping 3M.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed