by

TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Program Terpadu Lintas Sektoral

Kubu Raya-Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) program terpadu lintas sektoral, TNI bersinergi dengan pemerintah daerah dan komponen bangsa lainya untuk membantu pemerataan dan percepatan pembangunan, serta mewujudkan pertahanan Negara. Terkait hal itu Kodim 1207/Pontianak bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kubu Raya melalui kegiatan TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak di Duaun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (14/07/2021).

Kemampuan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak tidak akan berpengaruh besar terhadap pembangunan suatu wilayah tanpa didukung  dengan kekuatan yang bersumber  dari kemanunggalan TNI dengan rakyat. Untuk itu rakyat menjadi sangat penting bagi  kekuatan Militer Indonesia dalam strategi pertahanan Negara.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1207/Pontianak Kapten Inf Jiyo saat di temui dilokasi TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak mengatakan “Tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OPMS) salah satunya yaitu membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga keutuhan dan keamanan Bangsa serta dalam mempercepat pemerataan pembangunan baik fisik maupun non fisik di seluruh wilayah Indonesia” tutur Kapten Inf Jiyo

Kedekatan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat menjadi modal utama dalam pembangunan inti kekuatan pertahanan Negara yang bersifat semesta. Slogan “TNI Bersama Rakyat Negara Kuat” yang menjadi Motto dalam kegiatan TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak, bukanlah kalimat yang dibuat agar semata-mata manis didengar. Tetapi, karena memang TNI sangat menyadari dahsyatnya kekuatan melalui kebersamaan yang dibangun bersama rakyat.

“Secara universal, tugas Tentara memang untuk berperang. Tetapi pada masa damai, Tentara akan turun ke lapangan untuk membantu kesulitan rakyatnya dan membantu program pembangunan Pemerintahnya. Karena pada masa damai sesungguhnya merupakan suatu masa di mana Negara sedang menyiapkan diri untuk berperang,” jelas Pasiter.

Lanjut Pasiter, Kebersamaan TNI dengan masyarakat dalam program TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak adalah langkah untuk mewujudkan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA). Bersatunya TNI dengan seluruh elemen Bangsa adalah strategi dalam menghadapi potensi ancaman yang akan merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia” (NKRI) ujar Pasiter.

“Dalam menghadapi segala ancaman yang bisa muncul kapan saja, maka TNI harus dekat dengan rakyat. Sehingga akan tercipta kondisi yang saling membutuhkan diantara keduanya dalam menyiapkan sistem pertahanan rakyat semesta” himbauh Pasiter.

 

 

“Dengan kegiatan TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak yang dilaksanakan ini, diharapkan mampu melahirkan hubungan yang erat antara TNI dengan masyarakat dan Komponen Bangsa yang ada, Rakyat sebagai rohnya TNI akan mampu untuk mendorong dari dalam, terhadap kemampuan kekuatan Militer Indonesia, pungka Pasiter Kapten Inf Jiyo.

(Pendim 1207/Pontianak)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed