by

Dari Petani Sujito Banting Setir Jadi Tukang Batu yang Profesional di Siwalan

Gresik ,– TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke – 111 Kodim 0817/Gresik telah melaksanakan kegiatannya di Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Para petanipun juga melakukan pengolahan lahan secara Tradisional, termasuk pengolahan lahan persawahan sebelum melakukan penanaman padi maupun terong agar tanah menjadi subur.

Sujito (49) yang merupakan petani desa Siwalan mengatakan, “Sebagai petani kita harus telaten untuk mengolah tanah terlebih dahulu agar nanti ketika menanam padi atau terong akan tumbuh dengan bagus. Walaupun masih dengan sistem tradisional tetapi kami dapat menanam dengan hasil yang lumayan. Sayangnya sejak pandemi harga sayuran naik turun sehingga saat ini saya banting setir menjadi tukang batu. Apalagi dari hasil penjualan sayuran tidak tentu hasilnya, kalau tidak mencari pekerjaan lain, untuk mencukupi kebutuhan kelurga akan mengalami kesulitan,” terangnya, Kamis (24/6/2021)
Disisi yang lain bila bicara soal petani diwilayah pelosok tentu tidak terlepas dari kurangnya SDM yang mumpuni, untuk itu petani yang ada dipelosok masih perlu mendapat perhatian lebih dari Pemerintah dalam semua sektor. Mengingat wilayah pelosok tidak hanya tertinggal dari Infrastrukturnya namun dari Sumber Daya Manusianya juga tertinggal. Untuk itu semua pihak harus terus peduli terhadap kondisi Desa tertinggal agar kedepanya wilayah – wilayah tersebut menjadi lebih maju disemua sektor kehidupan.

“Para petani di Desa Siwalan masih menggunakan sistem pertanian tradisional, termasuk dalam membajak sawah juga masih menggunakan sistem tradisional. Sapi masih menjadi alat penggerak dalam membajak lahan, sehingga sapi di Desa Siwalan tidak hanya untuk dijual karena menghasilkan, ataupun untuk keperluan ekonomi, namun sapi masih sangat bermanfaat untuk membantu petani dalam membajak sawah,” jelas Serka Hartono.

Semoga keberadaan kami para satgas TMMD akan bermanfaat untuk masyarakat Desa Siwalan khususnya para petani sehingga dapat memberikan sedikit ilmu kepada petani setempat agar dapatnya membantu meningkatkan hasil pertanianya sekaligus peningkatan ekonomi mereka. Karena Satgas TMMD juga banyak yang menguasai ilmu pertanian, sehingga dengan kemampuan tersebut dapat ditularkan kepada petani tradisiona di Desa Siwalan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed