oleh

“Wahyu Kliyu” Sambut TMMD Reguler Kodim Karanganyar

“Wahyu Kliyu” Sambut TMMD Reguler Kodim Karanganyar

KARANGANYAR – Serasa sangat spesial gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 109 Kodim 0727/Karanganyar di desa Jatiwarno kecamatan Jatipuro, Jawa Tengah. Yakni menjelang pelaksanaannya disambut dengan upacara adat “Wahyu Kliyu” yang digelar di desa Jatiwarno, Jatipuro, Karanganyar,

Di upacara itu, warga masyarakat turut mendoakan kepada Kodim 0727/Karanganyar supaya sukses di dalam melaksanakan Program TMMD Reguler ke 109 di desa Jatiwarno. Demikian juga warga berharap asas manfaat dari TMMD itu bisa dirasakan oleh warga secara maksimal.

Diketahui, sebagai wujud rasa syukur dan bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, atas beribu-ribu seni kebudayaan yang ada, Danramil bersama anggota Koramil 14/Jatipuro dan masyarakat menggelar upacara adat Wahyu Kliyu. Upacara itu lebih dikenal orang Jawa dengan sebutan “Sebaran Apem”.

Danramil 14/Jatipuro, Kapten Arm Suratman mengungkapkan, upacara adat itu sudah dilaksanakan secara turun temurun. Menurut cerita dari orang-orang tua setempat, upacara adat ini sudah dilaksanakan sejak zaman Ki Renggo Wijoyo saat menjabat sebagai kepala desa.

Di upacara adat itu setiap keluarga wajib menyumbangkan apem. Mereka saat acara, melemparkan apem satu demi satu ke tempat yang sudah disediakan panitia, tentu semuanya dimulai dengan membaca Bismillah lalu mengucapkan Wahyu Kliyu sembari melempar apem satu demi satu.

“Sebetulnya Wahyu Kliyu itu dari kalimat ya hayyu ya qayyum. Maknanya meminta kehidupan dan kekuatan kepada Allah. Memohon kesejahteraan dan berkah melimpah. Ini sekaligus melestarikan budaya. Tak lupa pula, masyarakat turut mendo’akan kepada Kodim 0727/Karanganyar supaya sukses di dalam melaksanakan program TMMD Reguler ke 109”, beber Kapten Arm Suratman.(PJ)

Komentar