oleh

Menko Marves Beserta Rombongan Kunjungi Museum Soesilo Sudarman

Cilacap – Dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) ke wilayah Kabupaten Cilacap, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Republik Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan M.P.A bersama Menteri ESDM RI Arifin Tasrif dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo dan Kepala Basarnas Marsyda TNI Bagus Puruhito mengunjungi Museum Soesilo Sudarman yang berlokasi di Dusun Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Selasa (21/7).

Rombongan Trio Menteri tersebut disambut langsung oleh Dirjen Sumber Daya Perikanan dan Akukultur FAO Prof Dr. Ir. Indriyono soesilo M.Sc mewakili keluarga besar Alm Jenderal Soesilo Sudarman, Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, S.T., M.Sc., Psc, Kapolres Cilacap Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya, SIK, SH, MH.

Dalam kesempatan itu Prof Dr Ir Indriyono Soesilo mengatakan kehadiran tiga Menteri  dalam kunjungan ini merupakan suatu prestasi luar biasa bagi keluarga besar Soesilo Sudarman, karena ini pertama kalinya 3 menteri sekaligus hadir di Museum Susilo Sudarman.

” Almarhum Bapak Soesilo Sudarman adalah  AKABRI Angkatan Pertama dan Pak Luhut Pandjaitan sendiri dulunya merupakan didikan pertama dari Bpk Soesilo, tentunya banyak kenangan yang tersimpan didalam Museum ini, “kata dia sambil menjelaskan kepada rombongan tentang berbagai koleksi di dalam Museum.

Lanjut, “Melalui kunjungan ini kita mengingat sejarah Bapak Soesilo Sudarman semasa hidupnya melalui berbagai koleksi foto dan barang peninggalan sang pahlawan yang masih diabadikan dalam Museum ini, tentunya kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari sejarah Soesilo Sudarman yang dapat kita teladani,” imbuhnya.

Sementara itu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, mengakui bahwa dirinya telah berhasil menjadi orang besar merupakan hasil didikan Almarhum Soesilo Sudarman.

“Kedatangan kami di Museum Soesilo Sudarman ini sebagai bentuk penghargaan terhadap keluarga Alm Soesilo Sudarman,  dan apa yang telah kami capai saat ini  adalah berkat sentuhan tangan Bpk Soesilo Sudarman, begitu besar jasa jasa beliau kepada bangsa dan negara Indonesia ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menegasakan, “Banyak hal yang bisa kita teladani dari sosok Soesila Sudarman, sebagai Alumni AKABRI dia merupakan orang yang korektif dalam bekerja dan dia adalah sosok pemimpin yang  berintegritas. Dan ini dapat menjadi suri tauladan bagi semua Alumni AKABRI dimasa sekarang ini,” tegasnya.

Dalam kunjungan ke Museum Soesila Sudraman, Menko Marves juga meresmikan ruang Tri Daya Sakti Museum Susilo Sudarman yang berisi koleksi benda bersejarah dari Angkatan Darat dimasa lampau.

Selain itu dirinya beserta Menteri ESDM dan Menteri Kelautan juga menyempatkan menanam pohon kenangan berupa  pohon Kelengkeng, jambu kristal dan Sawo kecik. Diharapkan pohon tersebut dapat tumbuh, berbuah dan nantinya dapat dinikmati oleh para pengunjung.

“Kalau ada kesempatan kita ingin datang lagi kemari untuk memetik buah dari tanaman ini,” ujarnya sambil tersenyum. (Oke_Pendim0703)

Komentar