oleh

Cegah Crack, Penyiraman Rabat Beton TMMD Reguler Banyumas Dilakukan Berkala

Banyumas – Anggota TNI dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, bersama masyarakat Desa Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, rutin melakukan penyiraman pada rabat beton pada bagian yang sudah selesai dibangun di Pra TMMD Reguler 108 Banyumas. Sabtu (27/6/2020).

 

Dijelaskan Babinsa setempat, Serka Eko Budi Wiyono, penyiraman dilakukan untuk menjaga kualitas cor beton yang sudah jadi sepanjang 268 meter lebar 3,75 meter.

 

“Penyiraman secara berkala ini akan terus dilakukan di jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga yang sedang dibangun sepanjang 1,8 kilo meter,” bebernya.

 

Dijelaskannya juga, kualitas beton akan maksimal jika finishingnya dilakukan secara cermat, yaitu tetap menjaga suhu dingin dari beton sampai benar-benar keras.

 

“Kami ingin rabat beton awet untuk digunakan juga sebagai Jalan usaha Tani (JUT) warga setempat dan sekitarnya. Tanpa dilakukan pendinginan, beton akan mudah retak, dan walaupun hanya retakan rambut (crack), nantinya akan menjadikan beton cepat rusak,” tandasnya.

 

Sedangkan bantuan dari alam, yaitu masih seringnya hujan di lokasi TMMD, juga sangat membantu pendinginan, walaupun sisi negatifnya adalah menghambat pekerjaan pengecoran. (Aan)

Komentar